Kelebihan di bulan ramadhan



~•*¨*•♥ Bismillahirrahmaanirahiim... ♥•*¨*•~

~•.*♥* 7 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan...

Selain Puasa yang Allah wajibkan pada Bulan Ramadhan ada berbagai Amalan yang disunahkan pada Bulan ini di antaranya.

Berikut 7 Amalan Sunnah Bulan
Suci Ramadhan, yaitu :


~•.*♥*.•♥ 1. Mengkhatamkan Al-Qur’an.

Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari Lauhul Mahfuz ke langit Dunia sekaligus (berangsur-angsur).

Allah subhanahu wa ta'alla berfirman :
"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi Manusia dan Penjelasan-penjelasan mengenai Petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)".
(QS. Al-baqarah : 185).


~•.*♥*.•♥ 2. Shalat Tarawih.

Rasulullah Salallahu 'alaihi wa sallam. Bersabda :
“Barang siapa yang menghidupkan Malam bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap Pahala dari Allah akan diampuni Dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari, An-Nasa'i, Muslim, Abu Dawud dari Abu Hurairah).

Sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Salallahu 'alaihi wa sallam. pernah Shalat 11 Raka'at, terkadang 13 Raka'at atau kurang dari itu. Ketika ditanya tentang shalat malam Beliau Bersabda: “Dua Raka'at dua Raka'at, jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu Subuh hendaklah shalat satu Raka'at witir.”


~•.*♥*.•♥ 3. Memperbanyak Do'a.

Orang yang Berpuasa ketika Berbuka adalah salah satu orang yang Do'anya Mustajab. Oleh karenanya Perbanyaklah Berdo'a ketika sedang Berpuasa terlebih lagi ketika Berbuka. Berdo'alah untuk Kebaikan diri kita,keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama Muslim di belahan Dunia.


~•.*♥*.•♥ 4. Memberi Buka Puasa (Tafthir Shaim).

Hendaknya Berusaha untuk selalu memberikan Ifthar (Berbuka) bagi mereka yang Berpuasa walaupun hanya Seteguk Air ataupun Sebutir Korma sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wa sallam yang berbunyi :” Barang siapa yang memberi Ifthar (untuk Berbuka) Orang-orang yang Berpuasa maka baginya Pahala seperti orang yang Berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”.
(HR. Bukhari & Muslim).


~•.*♥*.•♥ 5. Bersedekah.

Rasulullah Salallahu 'alaihi wa sallam. Bersabda: “Sebaik-baik Sedekah adalah Sedekah pada Bulan Ramadhan”.
(HR. Tirmidzi).

Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan Zakat Fitrah sebagai Penyempurna Puasa yang dilakukannya.


~•.*♥*.•♥ 6. I’tikaf.

I’tikaf adalah Berdiam Diri di masjid untuk Beribadah kepada Allah. I’tikaf disunahkan bagi laki-laki dan perempuan; karena Rasulullah Salallahu 'alaihi wa sallam. selalu Beri’tikaf terutama pada Sepuluh Malam Terakhir dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya. Dan hendaknya orang yang melaksanakan I’tikaf memperbanyak Dzikir, Istighfar, Membaca Al-Qur’an, Berdo'a, Shalat Sunnah dan lain-lain.


~•.*♥*.•♥ 7. Memperbanyak Berbuat Kebaikan.

Bulan Ramadhan adalah Peluang Emas bagi setiap muslim untuk menambah ‘Rekening’Pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dikatakan bahwa Amalan Sunnah pada Bulan Ramadhan Bernilai seperti Amalan Wajib dan Amalan Wajib senilai 70 Amalan Wajib di luar Ramadhan. Raihlah setiap Peluang untuk Berbuat Kebaikan sekecil apapun meskipun hanya ‘sekedar’Tersen yum di depan orang lain.
Ciptakanlah kreasi dan inovasi dalam Berbuat Kebaikan agar Saldo Kebaikan kita terus bertambah.

“Dan untuk yang demikian itu Hendaknya orang berlomba-lomba. ”

Semoga kita termasuk Orang-orang yang bisa memanfaatkan Momentum Ramadhan untuk merealisasikan Ketaqwaan Diri kita dan bisa meraih predikat “Bebas dari Neraka.”

Aamiin Allahumma Aamiin..

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa sahabat Muslim Semuanya..
Semoga di beri Kelancaran dan Kemudahan dalam Berbagi Kebaikan..
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh...




7 Kelebihan Bersahur Di Bulan Ramadhan

1. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Bersahurlah kamu kerana sesungguhnya bersahur itu adalah berkat

2. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Hendaklah kamu Bersahur kamu kerana ia adalah makanan yang berkat

3. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Perbezaan antara puasa kita orang Islam dengan puasa ahli Kitab ialah kita makan sahur

4. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Memakan sahur itu boleh memberi kekuatan untuk berpuasa pada siang hari dan qailulah (tudir sekejap) pada siang hari (sebelum Zohor) boleh memberi kekuatan untuk qiamullail – hadis dari Ibnu Abbas

5. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Sesungguhnya Allah dan malaikat berselawat ke atas mereka yang bersahur – hadis dari Ibnu Umar

6. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Sentiasalah umatku itu dalam keadaan kebaikan selama mana mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur

7. Nabi s.a.w bersabda yang bermaksud : Sahur itu berkat, oleh itu janganlah kamu meninggalkannya walau pun dengan meminum seteguk air kerana sesungguhnya Allah dan malaikat berselawat ke atas mereka yang bersahur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani yang akan membuatmu tersenyum hingga kau lupa pedihnya rasa sakit.

Adakah Anda Masih Belum Bertemu JODOH?